contoh RPP biologi SMA berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                                 : SMA NEGERI 9 KAB. TANGERANG

Mata pelajaran                : Biologi

Kelas                                        : X

Semester                               : 1

Alokasi waktu                     : 6 x 45

Materi pokok                      : Protista

Ciri-ciri umum protista -          Eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni.

-          Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (algae), protista mirip jamur (jamur lendir/slime mold).

-          Bentuk tubuh protista beragam.

Ciri-ciri umum protista mirip jamur -          Sel memiliki inti lebih dari satu.

-          Bersifat amoeboid atau berflagel

-          Heterotrof.

-          Menghasilkan spora.

-          Bersifat parasit atau pengurai.

Ciri-ciri umum protista mirip tumbuhan -          Uniseluler, kecuali alga cokelat dan merah.

-          Autotrof karena mampu berfotosintesis

-          Ukuran tubuh mikroskopis, ada juga yang makroskopis.

-          Habitat di air tawar atau air laut

-          Berfigmen klorofil, karotenoid, fikosantin dan fikoeritrin.

Cirri-ciri umum protista mirip hewan -          Uniseluler

-          Soliter atau berkoloni

-          Mikroskopis

-          Heterotrof

-          Hidup bebas atau parasit

-          Memiliki alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagel

Peranan protista -          Menguntungkan karena sebagai sumber makanan yang bernilai gizi tinggi, sebagai obat-obatan, dan kosmetika, pupuk.

-          Merugikan karena menyebabkan penyakit (misalnya Trypanosome, Plasmodium, Leishmania).

 

Standar kompetensi

Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan mahluk hidup

 

Kompetensi dasar

Mendeskripsikan cirri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan peranannya bagi kehidupan.

 

Indicator

  • Menunjukkan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista.
  • Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri morfologi.
  • Menjelaskan cara pengelompokkan Protista.
  • Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan Protista.
  • Membuat charta reproduksi Protista.
  • Memberi contoh peranan Protista bagi kehidupan.

 

Tujuan pembelajaran

  • Mengetahui ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista.
  • Mampu mengenali Protista berdasarkan ciri-ciri morfologi.
  • Mampu menjelaskan cara penglompokkan Protista.
  • Mengetahui cara-cara perkembangbiakan Protista.
  • Mampu membuat charta reproduksi Protista.
  • Mengetahui contoh peranan Protista bagi kehidupan.

 

Metode

Permainan tebak kata

 

Karakter yang dikembangkan

Disiplin, kerja sama, tanggung jawab dan teliti.

 

Langkah-langkah :

Pertemuan ke-1 (2×45 menit)

Tahapan

Kegiatan

Waktu (menit)

Kegiatan awal -          salam pembuka

-          melakukan apersepsi

-          memberikan motivasi

-          informasi tentang KBM

10
Kegiatan inti
  • Guru membuka pelajaran dengan terlebih dahulu melakukan apersepsi untuk menyiapkan mental dan membangkitkan motivasi belajar siswa serta memberitahukan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran;
  • Siswa membentuk kelompok kecil beranggotakan 4 orang yang dipilih secara acak;
  • Siswa mendengarkan secara aktif penjelasan materi pelajaran secara global dari guru tentang cirri-ciri umum Protista dan pengelompokkannya;
  • Siswa melakukan Tanya jawab dengan guru mengenai materi yang telah disampaikan.
  • Setiap kelompok mengikuti permainan tebak kata yang dimulai dari kelompok pertama sampai terakhir dengan berurutan.
  • Setiap kelompok diberikan 3 kata untuk dijawab dengan benar dalam waktu 3 menit.
  • Setiap anggota kelompok yang menjawab benar akan memperleh hadiah.
  • Memberikan evaluasi pada siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi Protista.
70
Penutup
  • Memberikan kesimpulan
  • Menugaskan kepada tiap-tiap kelompok untuk membuat skema daur hidup plasmodium di dalam tubuh manusia dan dalam tubuh nyamuk.
10

Pertemuan ke-2 (2×45 menit)

Tahapan

Kegiatan

Waktu (menit)

Kegiatan awal -          salam pembuka

-          melakukan apersepsi

-          memberikan motivasi

-          informasi tentang KBM

10
Kegiatan inti
  • Guru membuka pelajaran dengan terlebih dahulu melakukan apersepsi untuk menyiapkan mental dan membangkitkan motivasi belajar siswa serta memberitahukan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran;
  • Siswa mendengarkan secara aktif penjelasan materi pelajaran secara global dari guru tentang Protista mirip hewan (Protozoa), Protista mirip tumbuhan (Alga/Ganggang) dan Protista mirip jamur;
  • Siswa melakukan Tanya jawab dengan guru mengenai materi yang telah disampaikan.
  • Setiap kelompok mengikuti permainan tebak kata yang dimulai dari kelompok pertama sampai terakhir dengan berurutan.
  • Setiap kelompok diberikan 3 kata untuk dijawab dengan benar dalam waktu 3 menit.
  • Setiap anggota kelompok yang menjawab benar akan memperoleh hadiah.
  • Memberikan evaluasi pada siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi Protista.
70
Penutup
  • Memberikan kesimpulan.
10

 

Pertemuan ke-3 (2×45 menit)

Ulangan harian untuk penilaian individu

 

Sumber dan media belajar              : buku paket dan LKS

Penilaian                                              : individu, kelompok dan postes

Instrument                                            : terlampir

Tangerang,                                                 2011

Kepala sekolah

 

 

 

 

………………………..

Nip:

Guru Bidang Studi

………………………..

Lampiran tugas:

Buatlah skema urutan daur hidup Plasmodium di dalam tubuh manusia dan di dalam tubuh nyamuk!

 

Format penilaian

Nama kelompok          :………

Kelas                           : ………

No

Aspek penilaian

Nilai

1

2

3

4

1. Kerapihan        
2. Urutan        
3. Keindahan        
4. Gambar        
5. Bahan        

Ket:

A =16-20

B =11-15

C =7-10

D =5-6

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s