RPP bahasa indonesia berkarakter


CONTOH RPP YANG TELAH DIADAPTASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

 

 

 

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP/MTs

:

…………………………..
Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia
Kelas/Semester

:

VII / 2 ( Genap)
Alokasi Waktu

:

2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2×40

menit

Aspek /Unit

:

Membaca
Karakter

:

Teliti, kerjasama, menghargai pendapat orang lain, percaya diri, teliti dan cermat

 

  1. A.    Standar Kompetensi

3. Memahami ragam wana tulis dengan membeca intensif, membaca

ekstensif, dan   membaca nyaring

B.   Kompetensi Dasar

3.1  Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca

intensif

C.   Indikator

       1. Siswa mampu memahami isi bacaan

2. Siswa mampu menemukan pokok-pokok informasi yang akan

didiskusikan

  1. D.    Tujuan   Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan

  1. Membaca dengan intensif wacana yang disediakan guru (cermat/teliti)
  2. Menemukan informasi dalam wacana yang dibaca   ( cermat dan teliti)
  3. Mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang ada dalam bacaan sebagai bahan diskusi ( kecepatan dan kesesuaian )
  4. Mengidentifikasi  kosakata sulit yang terdapat dalam bacaan      ( keaktivan)
  5. Menggunakan kosakata sulit dalam berbagai konteks kalimat untuk menemukan makna kata ( keaktivan)
  6. Menjelaskan ide-ide pokok/ pokok-pokok informasi yang ditemukan

 ( penuh percaya diri.)

  1. Mendikusikan pokok-pokok informasi yang ditemukan dari bacaan yang dibaca (Bekerjasama, menghargai pendapat orang lain,

     E. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian membaca, membaca intensif
  2. Ide pokok, ide penjelas
  3. Kosakata, kosakata khusus, kosakata umum
  4. Kecepatan membaca ( ukuran kecepatan membaca)
  5. Cara menghitung kecepatan membaca

 

  1. Metode  Pembelajaran
  1. Diskusi
  2. Inquiri
  3. Tanya jawab
  4. Simulasi
  5. Observasi /Pengamatan/Penugasan

E.     Kegiatan Pembelajaran 

No Kegiatan Pembelajaran Metode/stratgei

Waktu

Guru atau siswa

Domain Karakter
1. Pendahuluan

a. .Berdoa

b.  Mengecek kehadiran  

      siswa

c. Menanyakan kabar siswa – dengan  

   fokus pada mereka yang tidak   

  datang dan/atau yang pada   

   pertemuan sebelumnya tidak datang d. Apersepsi: Kemukakan/ Sebutkan salah satu buku/cerita yang pernah kalaian baca. ( Ricek aktivitas siswa)

e. .Guru menginformasikan KD,

indikator dan tujuan pembelajaran.

 

 

 

Ceramah

 

 

 

 

 

 “5 menit

Guru

Kognitif

 

Afeksi

 

 

Afeksi

 

 

 

 

 

Afeksi

 

 

 

 

 

Kognitif

 Ketaqwaan

 

 

 

 

Kedisiplinan

 

 

 

 

 

Kepedulian, empati

 

 

 

 

Motivasi

 

 

 

 

 

Tanggungjawa b

2. Kegiatan inti

a. peserta didik dibagi dalam empat

kelompok.

b. setiap kelompok diberi wacana yang akan  dibaca dan ditugasi  untuk membaca,   mengindentifikasi pokok-pokok  informasi,  kosakata sulit.

c. Setiap kelompok membuat laporan

hasil  pengamatan.

d. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya  berupa informasi pokok/kosakata sulit yang ditemukan dalam teks yang dibaca.dan kelompok lain memberikan tanggapan, sambil menuliskan pertanyaan, tanggapan, dan jawaban

e. guru memberikan penguatan

tentang   materi yang telah

didiskusikan.

 

 

 

 Penugasan

 

 

Inquiri

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

Simulasi dan Tanya jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ceramah

“2 menit

 

 

 

 

“7 menit

 

 

 

 

 

’10 menit

 

 

 

40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

Guru

 

 

 

 

Siswa

 

 

 

 

 

Siswa

 

 

 

Siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru

Psikomotor

 

 

 

 

Psiko/kog

 

 

 

 

 

Psiko/afeksi

 

 

 

Psiko/afaksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kog/evalausi

Tanggungjawab,kerjasama

 

 

 

Kerjasama

 

 

 

 

 

Tanggungjawab/kekativan/bekerjasama

 

Keaktivan/Tanggungjawab/saling menghargai/Percaya diri

 

 

 

 

 

 

Tanggungjawab

3. Penutup

a. Guru bersama siswa

menyimpulkan pelajaran

 

b. Refleksi :  Peserta didik

mengungkapkan kesan terhadap

pentingnya memahami informasi    sebelum melakukan sesuatu

b.b Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari  menulis puisi

c  Berdoa  

d.Ke luar kelas atau istrihat dengan

tertib pada waktunya  

 

Curah pendapat

 

 

 

 

 

Pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arahan.

 “5 mernit

 

 

 

 

 

“ 5menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“3 menit

 

 

 

2 menit

Guru dan siswa

 

 

 

 

Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru

 

 

 

siswa

Psiko/afeksi

 

 

 

 

 

Psiko/kog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Afeksi/Psi

 

 

 

Psik-/afeksi

Tangungjawab

 

 

 

 

 

Tanggungjawab/antisipasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketaqwaan

 

 

 

Ketertiban

 

F. Sumber dan Media Pembelajaran

  1.  Wacana/teks
  2.  Spidol
  3. Kertas karton/ HVS
  4. Lembar  Penilaian Psikomotorik/Kektivan
  5. Buku bahasaIndonesia/ Bahan ajar yang relevan

G. Penilaian

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Membedakan peta, atlas, dan globe.
  • Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
  • Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
  • Mengartikan berbagai skala.
  • Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

 

Tes Tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

Self assessment

 

 

 

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji petik kerja

 

 

 

 

 

 

Skala Likert

 

  1. Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas.
  2. Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus!
  3. Jelaskan 2 bentuk peta!
  4. Sebutkan 3 informasi geografis dari peta!
  5. Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan bujur) Jakarta!
  6. Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe!
  7. Jika di peta yang berskala 1 : 1.000.000 jarak kota A dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang sebenarnya!

 

Carilah letak Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks!

 

Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid)!

 

Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK,  4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian.

 

  1. Bekerjasama dengan teman sekelas

1     2     3     4

  1. Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat                             1     2     3     4
    1. Bekerja dengan cermat/teliti                                           1     2     3     4
    2. Menghargai pendapat teman sekelas                             1     2     3     4

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s