KINGDOM FUNGI (JAMUR)


Kita telah mengenal jamur dalam kehidupan sehari-hari meskipun tidak sebaik tumbuhan lainnya. Hal itu disebabkan karena jamur hanya tumbuh pada waktu tertentu, pada kondisi tertentu yang mendukung, dan lama hidupnya terbatas. Sebagai contoh, jamur banyak muncul pada musim hujan di kayu-kayu lapuk, serasah, maupun tumpukan jerami. namun, jamur ini segera mati setelah musim kemarau tiba. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah mampu membudidayakan jamur dalam medium buatan, misalnya jamur merang, jamur tiram, dan jamur kuping.

  1. CIRI-CIRI UMUM JAMUR.  Jamur merupakan kelompok organisme eukariotik yang membentuk dunia jamur atau regnum fungi. Jamur pada umumnya multiseluler (bersel banyak). Ciri-ciri jamur berbeda dengan organisme lainnya dalam hal cara makan, struktur tubuh, pertumbuhan, dan reproduksinya.
  2. STRUKTUR TUBUH JAMUR.  Struktur tubuh jamur tergantung pada jenisnya. Ada jamur yang satu sel, misalnyo khamir, ada pula jamur yang multiseluler membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnyojamur kayu. Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah.  Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa. Dinding ini menyelubungi membran plasma dan sitoplasma hifa. Sitoplasmanya mengandung organel eukariotik.  Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa. Septa mempunyai pori besar yang cukup untuk dilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapula hifa yang tidak bersepta atau hifa senositik.  Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahan sitoplasma. Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria yang merupakan organ penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat.
  1. Klasifikasi jamur

Zygomycota

Zygomycota memiliki hifa senositik.  anggot nya memiliki tiga tipe hifa yaitu rizoid, stolon, dan sporangiofor. Reproduksi seksual dengan menghasilkan zigospora yang berdinding tebal.

Contoh zygomycota yaitu Mucor mucedo (hidup di kotoran hewan), Mucor javanicus (untuk pembuatan tape), Rhizopus orizae (untuk pembuatan tempe), Clamydomucor oryzae (pembuatan tempe).

Chitrydiomycota

Jamur ini memiliki spora berfalgel (buluh cambuk) sehingga bisa bergerak.  Kitrid merupakan organism akuatik (air). Reproduksi seksual dengan menghasilkan spora motil berflagel.

Contohnya yaitu Allomyces dan Chytridium.

Ascomycota

Jamur ascomycota memiliki hifa bersepta yang tidak sempurna.  Reproduksi seksualnya dengan menhasilkan askus (kantung yang menghasilkan askospora).  Seluruh askospora terkumpul dalam askokarp.

Contohnya Saccharomyce cereviceae (pembuatan roti), Aspergilus oryzae (pembuatan tape), Aspergillus wentii (pembuatan kecap), Penicilium notatum (penghasil antibiotik), P.requeforti (pembuatan keju), P.camemberti (pembuatan keju), Neurospora crassa (jamur oncom), Fusarium (parasit pada tebu).

Basidiomycota

Jamur ini bersifat makroskopis (berukuran besar), memiliki hifa berseptat, reproduksi seksual dengan membentuk basidium. Kumpulan basidium disebut basidiokarp.

Contohnya Volvariela volvacea (jamur merang), Auricularia polytrica (jamur kuping), Lentinus edodes (jamur sitake), Amanita sp (jamur beracun).

Deuteromycota

Jamur ini disebut juga jamur inferfecti karena belum diketahui reproduksi seksualnya.  Contohnya Cladosporium (parasit pada buah dan sayuran), Epidermophyton flocosum (penyebab penyakit kaki atlet), Mikrosporum (penyebab kurap).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s